Ruang Coding .ID

Media belajar online bareng
untuk mengembangkan keahlianmu di bidang pemrograman web dan aplikasi smartphone

#staysafe #dirumahaja

Daftar Sekarang

Mengatasi Problem Send Email di VPS Webuzo / Vesta Panel

Hallo sobat Ruang Coding...

Kali ini admin ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengatasi problem sending email yang terjadi di VPS dengan panel Webuzo atau Vesta. Akun email bisa menerima pesan dengan normal tetapi gagal / tidak dapat digunakan untuk melakukan pengiriman pesan email. Dalam kasus ini, mail server yang digunakan adalah Exim (default bawaan webuzo/vesta panel). Hingga artikel ini di release, Exim sudah release mencapai versi exim-4.94-1.el7.x86_64. 

Tahukah sobat, jika penyebab error gagal kirim pesan email adalah karena Exim versi 4.94-1 itu sendiri ?

Ya, penyebabnya karena Exim di upgrade (auto update ketike upgrade OS VPS) ke versi 4.94-1. Sebenarnya kasus ini sudah dibahas di beberapa forum internet dan dilaporkan ke pihak Exim, namun hingga artikel ini di release belum ada update terbaru dari problem tersebut. Sebagai solusinya, kita bisa melakukan downgrade ke versi sebelumnya, yaitu Exim versi exim-4.93-3.el7.x86_64.

Dalam kasus ini, admin menggunakan Centos 7 sebagai OS-nya dan software Putty untuk eksekusi command line nya :

wget https://ca1.dynanode.net/exim-4.93-3.el7.x86_64.rpm
rpm -Uvh --oldpackage exim-4.93-3.el7.x86_64.rpm

Setelah installasi Exim versi 4.93-3 berhasil, silakan di coba untuk mengirimkan email. Dan.. bimsalabim berhasil. Jika belum berhasil, lakukan check status service Exim, apakah sudah berjalan atau belum, dengan perintah :

Service Exim Status

Jika belum berjalan, jalankan Exim dengan perintah :

Service Exim Start

Nah, versi ini akan ikut ter-update jika kita melakukan update pada OS VPS. Bagaimana caranya supaya Exim tidak ikut ter-update ? Sebenarnya ada beberapa cara, namun kali ini penulis memperkenalkan plugin namanya versionlock. Kita hanya perlu install dan tambahkan Exim supaya tidak ikut ter-update ketika kita melakukan update operating system dari VPS.

sudo yum install yum-versionlock
sudo yum versionlock exim

Screenshoot :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekian admin bisa sampaikan. Silakan tinggalkan komentar atau create forum jika ada yang ingin ditanyakan. wink